All About Me

 The Journey

Embun pagi menggelayut di dedaunan, langit nampak cerah, udara terasa sejuk. Tak berselang lama rerintik menindih tanah menambah basah sisa hujan semalam. Rerintik hanya terpaan angin yang hanya datang sejenak. Matahari pun muncul dari peraduannya. 

Pukul 06.40 WITA, anak-anak berpakaian seragam sekolah sudah mulai banyak terlihat di atas kendaraan. Senin 9 Januari 2022 hari pertama masuk sekolah semester II. Tahun baru semester baru, dan semangat baru tentunya, insyaAllah. 

Pukul 07.00 berada di lingkungan sekolah disambut oleh guru piket. Sebagian anak bahkan sudah ada yang datang lebih awal, ini menandakan memang mereka semangat sekali ke sekolah. 

Di tangga lantai dua langsung disambut oleh salah satu murid dengan senyumnya. Masuk di kelas disambut dengan senyum oleh wajah-wajah polos khas anak-anak. Rasa yang akan selalu dikenang dan dirindukan nantinya.

Hari Senin biasanya diswali dengan upacara atau minimal apel pagi, tetapi karena tadi rerintik hujan maka kegiatan tersebut ditiadakan. Seperti biasa dalam kelas, diawali dengan sholat dhuhah, dzikir, berdo'a, infak, menyiapkan kelas, menanyakan kabar. 

Menunggu pergantian jam, sedikit memberikan penghargaan kepada mereka atas sikap yang ditunjukkan selama semester I. Setiap anak akan memperoleh piagam penghargaan berdasarkan kategori sikap yang mereka miliki. Selanjutnya anak-anak mengisi "All about me" yang berisi data diri, kegiatan selama libur, harapan mereka di semester 2 ini, kelebihan atau yang kekuatan mereka miliki, dan ketika besar mereka mau jadi apa dan mengapa?

Cukup waktu 5 menit untuk mereka selesaikan. Bagi yang sudah selesai pekerjaan selanjutnya adalah memberi label untuk buku "Duta Matematika" Setiap bulannya atau setiap sekali dalam 2 pekan berdasarkan kesepakatan nantinya akan ada Duta Matematika kelas 5A1.

Karena telah pergantian jam, sambil menunggu waktu berikutnya dimanfaatkan untuk membaca "All about me" yang anak-anak tulis. Luar biasanya. Ada yang menulis harapan di semester 2 ini dapat nilai A semua, lebih rajin lagi belajar, suasana kelas ditambah rak-rak buku, ada pula yang menulis "tidak ada harapan." Haha

Pada bagian mau seperti apa dan mengapa ada yang menulis mau jadi hafiz Qur’an karena mau memberikan mahkota untuk orang tuanya, ada yang mau membanggakan orang tuanya, ada yang mau jadi milyader supaya bisa membantu keluarga, ada yang mau jadi angkatan udara karena kuat dan keren, ada yang mau jadi ilmuwan, otomotif, ada yang mau jadi guru karena bapaknya juga guru.

Pada bagian kegiatan selama libur ada yang menulis jalan-jalan, pulang kampung, olahraga, nonton, main, main HP, ada juga yang menulis hanya makan dan tidur. Haha

Apapun yang telah dilakukan, saatnya kembali sekolah...hihi




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bicara Tentang Palestina Dalam Kelas

Guru Aini